Jika ditanya hal apa saja yang mampu membuat ibu merasa bahagia, salah satu jawabannya adalah ketika proses persalinan dapat berjalan dengan lancar dan ibu dapat memeluk bayi tersebut. Tahukah Anda bahwa sesaat setelah bayi lahir, bayi sebaiknya langsung diberikan kepada ibunya untuk merasakan hangat dekap sang ibu bahkan langsung menyusu. Mengapa ini penting?

Proses saat bayi diletakkan dalam dekapan ibu segera setelah lahir untuk menyusu disebut Inisiasi Menyusui Dini atau IMD. Pada proses ini terjadi skin to skin contact dan bayi dibiarkan sendiri dengan nalurinya mencari puting susu ibu untuk menyusu kali pertama dalam hidupnya. Biasanya proses ini berlangsung kurang lebih selama satu jam. Sesungguhnya momen IMD adalah momen yang sangat luar biasa, karena tidak hanya memiliki manfaat untuk si bayi saja tapi juga berdampak positif bagi ibu.

Proses IMD mampu merangsang keluarnya hormon-hormon penting yang membantu ibu menjadi lebih nyaman, di antaranya adalah hormon endorfin dan oksitosin. Endorfin dipercaya sebagai hormon kebahagiaan, sehingga ibu merasakan perasaan tenang dan bahagia pasca persalinan. Endorfin juga bisa membantu ibu mengurangi rasa nyeri pasca persalinan. Sedangkan hisapan pada puting susu ibu memicu keluarnya oksitosin yang dapat membantu ibu merangsang kontraksi rahim yang berguna untuk mengurangi resiko pendarahan pasca persalinan. Selain itu, oksitosin juga dapat meningkatkan ikatan kasih sayang antara ibu dan bayinya.

Di sisi lain, manfaat IMD yang bisa dirasakan oleh bayi adalah terjadinya perpindahan suhu tubuh antara ibu dan bayi, sehingga bayi tetap merasa hangat dalam dekapan ibu. Hal ini dapat membantu menurunkan resiko hipotermi atau kondisi dimana bayi mengalami penurunan suhu tubuh. Pelukan ibu juga membuat bayi merasa dilindungi sehingga mengurangi tingkat stres pada bayi yang dapat menstabilkan sistem pernapasan dan detak jantung bayi. Selain itu, bayi juga akan mendapatkan kolostrum (ASI pertama) yang kaya akan antibodi, zat antiinfeksi dan zat penting untuk pertumbuhan usus bayi.

Begitu banyak manfaat yang bisa didapat saat proses IMD berlangsung. Jadi, bagi para ibu yang sedang mempersiapkan proses persalinannya, masukkanlah proses IMD ini dalam birth plan (rencana persalinan) Anda dan nikmatilah momen-momen kali pertama bayi Anda menyusu langsung agar manfaatnnya bisa Anda dan bayi Anda rasakan bersama (Raka Siwi/MK)