Kesehatan gigi dan mulut memang seharusnya diperhatikan dengan baik, apalagi pada masa  kehamilan. Menjaga kebersihan gigi dan mulut terlihat begitu sepele, namun akan berdampak negatif bagi kesehatan jika masalah kesehatan gigi dan mulut tidak diatasi. Ada baiknya sebelum merencanakan kehamilan, ibu melakukan general check up guna mengetahui kesehatan gigi dan mulut.

Pada masa kehamilan  ibu akan lebih sering mengalami gusi bengkak hingga gusi berdarah. Hal ini disebabkan karena hormone esterogen dan progesteron yang meningkat. Peningkatan hormon kehamilan akan meningkatkan suplai darah pada gusi sehingga ketika gusi mendapatkan penekanan sedikit kuat maka akan menyebabkan terjadinya gusi berdarah. Selain pengaruh hormone pada masa kehamilan, bakteri pada plak atau gusi dapat menjadi faktor penyebab peradangan gusi.

Apabila pada masa kehamilan ibu memiliki masalah gigi berlubang, sisa akar gigi yang membusuk dan karang gigi yang menumpuk dapat memicu infeksi lanjutan, karena iritasi lokal yang terjadi pada gusi yang sensitif dapat mempercepat terjadinya infeksi misalnya dapat terjadi pulpitis akut (sakit gigi ), abses ( gusi bernanah) dan bau mulut yang luar biasa akibat karang gigi. Mulai dari keluhan ringan hinga masalah kesehatan gigi yang berat seperti infeksi jaringan pendukung gigi dapat menyebabkan infeksi menjalar kebagian tubuh yang lain. Infeksi bakteri pada kehamilan dapat menyebabkan kematian janin yang berujung pada keguguran, tidak optimalnya perkembangan janin, hingga persalinan prematur yang berdampak pada berat badan lahir rendah.

Beberapa cara untuk menjaga kesehatan gigi agar mencegah gusi berdarah, yaitu:

  1. Sikatlah gigi minimal dua kali sehari dan di malam hari sebelum tidur.
  2. Gunakan dental flossing (benang gigi) untuk membersihkan di bagian sela-sela gigi.
  3. Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut untuk mengurangi gesekan keras yang menyebabkan gusi berdarah.
  4. Rajin membersihkan karang gigi sebelum hamil, atau lakukan perawatan gigi di saat anda akan program hamil. Karang gigi menjadi tempat bersarangnya kuman ditambah sisa-sisa makanan yang menumpuk di karang gigi dapat memungkinkan terjadinya peradangan.
  5. Pemeriksaan ke dokter gigi setidaknya sekali untuk memeriksakan kondisi gigi dan mulut anda.

Sebaiknya ibu segera konsultasi ke dokter gigi jika merasakan ada masalah gigi berlubang, sakit gigi atau merasa jarang membersihkan karang gigi saat sebelum hamil. Cegah munculnya masalah gigi yang lebih parah muncul agar kehamilan berjalan normal dan bayi lahir sehat. (Raka Siwi)