Kehamilan dan persalinan merupakan proses alamiah (normal) yang akan dialami oleh seorang wanita. Tentu saja menjalani proses kehamilan akan begitu menyenangkan dan membahagiakan. Namun, mungkin saja terselip perasaan bingung serta cemas dikarenakan beberapa  keluhan muncul begitu saja saat masa kehamilan tersebut.

Penting untuk diketahui bahwa umumnya ketika memasuki kehamilan trimester tiga yaitu mulai dari usia kehamilan 28 minggu ke atas, ibu biasanya mengalami kontraksi dimana perut terasa kencang dan rasanya seperti akan segera bersalin. Tentu saja kondisi ini membuat ibu khawatir bayi akan lahir prematur karena kontraksi ini terjadi sebelum tafsiran kelahiran. Jika ibu mengalami hal ini, tetaplah tenang karena bisa saja ibu mengalami braxton hicks.

Braxton Hicks atau kontraksi palsu merupakan kontraksi rahim yang muncul secara tidak beraturan, singkat dan biasanya tidak begitu sakit. Braxton Hicks ini juga disebut practice contractions yaitu semacam latihan kontraksi yang dilakukan rahim untuk mempersiapkan kelahiran bayi. Umumnya braxton hicks akan semakin sering muncul saat usia kehamilan 28 minggu hingga seminggu sebelum persalinan.

Cobalah untuk mengenali kontraksi palsu dengan cara mengetahui perbedaan antara kontraksi palsu dan kontraksi asli. Kontraksi palsu biasanya muncul tidak teratur yaitu 1-2 kali dalam sejam disertai adanya rasa kencang tanpa nyeri pada bagian atas rahim, sedangkan kontraksi asli muncul secara teratur disertai rasa mulas dan kaku pada pinggang hingga perut bagian bawah.

Selain itu, kontraksi palsu akan menghilang dengan sendirinya apabila ibu mengubah posisi duduk atau berbaring. Tidak sama halnya dengan kontraksi asli yang semakin lama, semakin menguat dan semakin panjang durasinya. Meski tidak seperti kontraksi asli, munculnya kontraksi palsu ini terkadang bisa saja mengganggu aktivitas dan kenyamanan ibu.

Beberapa hal yang dapat ibu lakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman dari kontraksi palsu tersebut, diantaranya mengubah posisi dan mengistirahatkan diri. Melakukan relaksasi. Mandi dengan air hangat untuk membantu tubuh lebih relaks.  Minum beberapa gelas air karena terkadang braxton hicks bisa disebabkan oleh dehidrasi.

Jika kontraksi terus berlangsung lebih dari empat jam, tidak hilang dengan istirahat, serta durasi munculannya semakin sering, pinggul terasa tidak nyaman dan banyak cairan atau lendir keluar dari vagina segera hubungi dokter kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut. (Terbit di Buletin Sayang Ibu Edisi 02 – Oktober 2017)

  

Penulis: Anggyani Raka Siwi

Editor  : Mika K.