Ibu hamil kerap kali dibingungkan saat memilih susu untuk dikonsumsi. Susu hamil memang penting untuk ibu yang tengah mengandung. Namun, banyaknya merk susu hamil yang ada di pasaran bukan tidak mungkin membuat para ibu kebingungan harus memilih yang mana. Ujung-ujungnya para ibu akan memilih yang termurah tanpa melihat kualitas dari susu tersebut.

Agar susu hamil yang Anda konsumsi benar-benar punya manfaat yang optimal yakni menunjang kesehatan Anda dan membantu tumbuh kembang janin, Anda perlu mengetahui beberapa tips dalam memilih susu yang baik selama masa kehamilan.

 

Mengecek Kandungan Gizi

perhatikan kandungan gizi pada susu hamil sebelum membeli

Meski hal ini cukup merepotkan karena Anda harus membaca apa saja kandungan gizi yang ada di dalam produk susu tersebut, ini adalah tindakan bijak sebelum membeli. Tentu Anda tidak mau produk yang Anda beli merugikan diri Anda sendiri ditambah ada calon bayi juga di dalam perut Anda. Kenali terlebih dahulu kandungan apa saja yang diperlukan dalam produk susu. Produk susu yang baik akan mengandung kalsium yang dapat mencegah ibu hamil mengalami osteoporosis dan dapat membantu pembentukan tulang janin. Selain itu mengandung protein yang tinggi, zat besi, asam folat, omega 3 dan DHA, serta vitamin lengkap.

 

Perhatikan Kualitasnya

pastikan kemasan susu dalam kondisi yang baik

Saat membeli, tidak hanya mengecek kandungan gizi namun Anda perlu memperhatikan kemasannya apakah masih dalam kondisi yang baik atau malah rusak. Kemasan yang rusak dapat mempengaruhi kondisi susu di dalamnya. Maka dari itu, jika kemasannya rusak, robek, penyok, tidak tersegel dengan baik, lebih baik urungkan niat Anda membeli produk tersebut dan cari produk susu lainnya.

 

Pilih Rasa yang Pas

susu hamil varian rasa coklat

Tidak semua produk susu memberikan rasa yang Anda suka. Bisa saja kan Anda lebih suka susu rasa coklat dibandingkan vanilla. Jadi, pilih produk susu dengan rasa yang Anda suka dan tidak membuat Anda mual ketika mengonsumsinya. Selain itu, pilih produk susu dengan rasa pas yang rendah gulan namun tidak hambar agar Anda tidak perlu menambahkan gula lagi.

 

Tips ini tergolong mudah untuk diterapkan. Anda hanya butuh ketelitian dalam memilih sebelum membeli. Usahakan membeli susu hamil yang baik agar kesehatan Anda dan janin juga tertunjang dengan baik. (Mika K)