Setelah melewati gegap gempita kemeriahan perayaan menyambut tahun baru, kita dihadapkan dengan berbagai resolusi yang telah kita buat sebelumnya untuk dapat terealisasi di tahun ini. Bayangkan saja apa yang sebelumnya hanya ada dalam angan-angan, kita usahakan dapat terwujud dan ini membuat kita merasakan kebahagiaan. Tentu setiap orang memiliki resolusi tersendiri, namun adakah diantara Anda yang berencana menambah momongan di tahun ini?

 

Merasa Si Kakak perlu memiliki adik adalah perasaan wajar yang dimiliki oleh para orang tua. Hal ini juga berkaitan dengan sistem Keluarga Berencana yang direkomendasikan di Indonesia yang terdiri dari Ayah, Ibu, dan dua anak (laki-laki atau perempuan). Jadi, jika Anda belum memiliki momongan, atau baru memiliki satu anak saja, tidak ada salahnya untuk menambah momongan lagi di tahun ini. Namun, ada beberapa pertimbangan yang sebaiknya Anda dan pasangan pikirkan sebelumnya, misalkan saja dari segi finansial.

 

Bagi Anda yang telah menjadi orang tua tentu mengetahui secara pasti bagaimana momen mengandung hingga melahirkan tidak bisa dianggap sebagai sesuatu yang remeh. Semua itu tidak hanya membutuhkan kesiapan fisik dan mental saja, namun juga diperlukan kesiapan dari segi finansial. Mulai dari biaya memeriksakan kandungan ke dokter sampai biaya persalinan. Setelah lahir anak memerlukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, serta asupan makanan yang sehat dan berkualitas. Memang beberapa pengeluaran tidak akan sebanyak saat Anda baru pertama kali memiliki bayi, seperti beberapa perlengkapan dan pakaian bayi Si Kakak dapat digunakan lagi untuk Si Adik dan tentu ini dapat menghemat beberapa pos pengeluaran Anda.

 

Di sisi lain dengan adanya tambahan anggota keluarga baru, sebagai seorang ibu Anda pun patut menjaga kesehatan. Mengurus rumah, suami serta anak terkadang membuat para ibu lupa untuk memberikan hiburan pada dirinya sendiri yang berdampak stress dan membuat jatuh sakit. Maka dari itu sangat disarankan juga untuk memperhitungkan budget hiburan atau rekreasi saat Anda terlampau penat mengurus keluarga.

 

Bahasan di atas hanyalah gambaran umum saja karena sesungguhnya ada begitu banyak hal yang patut dipersiapkan jika Anda bersama suami telah mantap ingin menambah momongan. Rajin-rajinlah berdiskusi dengan pasangan atas perencanaan yang telah dibuat, dan jangan ragu menanyakan hal-hal yang kurang Anda pahami kepada kerabat yang berpengalaman mengenai hal ini. Semoga bahasan ini dapat membantu Anda lebih memiliki kesiapan diri dan melakukan perencanaan yang matang bersama pasangan untuk menyambut kehadiran buah hati. Selamat menyambut momongan baru. (Mika K)