Pernahkah Anda membayangkan kondisi bayi yang baru lahir? Mungkin sebelumnya Anda sudah sempat mencari-cari gambar atau informasi seputar bayi yang baru lahir agar lebih siap menghadapi persalinan. Ketika persalinan tiba dan bayi lahir, bagi ibu yang baru pertama kali melahirkan mungkin merasa terheran-heran mengapa terdapat banyak lemak berwarna putih kekuningan yang menempel di sekujur kulit bayi. Jangan khawatir karena ini adalah hal yang wajar dan bisa dijelaskan secara ilmiah.

Lemak yang menempel memang terlihat seperti kotoran. Adanya lemak tersebut disebabkan oleh kelenjar sel minyak bayi yang bercampur sel kulitnya yang telah mengelupas. Lemak ini juga disebut vernix caseosa. Lemak inilah yang menutupi janin selama tiga bulan terakhir. Di dalamnya juga terdapat beberapa kandungan lain seperti air, protein dan lipid yang memberikan fungsi tersendiri pada bayi ketika berada di dalam perut ibu sampai waktu lahir tiba.

Salah satu manfaatnya adalah memberi kehangatan pada tubuh bayi, karena bayi bisa mengalami hipotermia terutama ketika lahir. Perbedaan suhu di dalam kandungan dan setelah lahir sangat berbeda, maka keberadaan lemak yang menempel ini sangat membantu menjaga suhu tubuh dan menghangatkannya. Di sisi lain lemak yang terlihat mengotori tubuh bayi ini ternyata mampu melindungi bayi dari bakteri dan jamur yang rentan membuatnya sakit. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa bayi rentan sekali mengalami sakit, apalagi saat lahir dan harus beradaptasi dengan kondisi di luar kandungan. Lemak yang mengandung banyak protein tersebut juga merupakan antibiotik bayi.

Nah, sudah tahu kan betapa pentingnya lemak yang menempel pada kulit bayi yang baru lahir? Meski memang terlihat kotor ternyata lemak-lemak tersebut punya manfaat baik yang dapat melindungi bayi agar senantiasa sehat dalam kandungan hingga lahir dan bisa ada di pelukan Anda. (Mika K)