Banyak buku yang membahas mengenai kehamilan. Dalam buku berjudul “Pregnancy-the beginner’s guide” yang diterbitkan oleh DK menyebutkan ada 10 hal menakjubkan yang terjadi pada tubuh wanita yang sedang mengandung. Ini dia kesepuluh hal tersebut:

EXPANDING

Selama 40 minggu mengandung, rahim Anda akan terus membesar mengikuti pertumbuhan dan perkembangan bayi. Ukuran rahim dapat mencapai ukuran semangka dan beratnya meningkat mulai dari 70 gram sampai dengan kurang lebih 1 kg.

PUMPING

Saat Anda hamil, Anda memiliki darah lebih banyak dari sebelumnya. Peningkatan jumlah darah dalam tubuh Anda mencapai 50% pada usia kehamilan 20 minggu.  Produksi darah merah meningkat sekitar 20% untuk membantu distribusi oksigen ke seluruh tubuh Anda dan juga bayi Anda.

CREATING

Selama masa kehamilan, tubuh Anda menciptakan satu organ baru yaitu plasenta. Plasenta ini merupakan satu-satunya organ yang dapat “dilepaskan” setelah selesai digunakan. Fungsi dari plasenta adalah membantu mendistribusikan oksigen dan nutrisi pada bayi dalam rahim Anda.

GROWING

Ukuran organ jantung dan hati bertambah besar pada saat Anda hamil. Ini membantu kedua organ tersebut bekerja lebih berat daripada sebelumnya. Namun jangan khawatir, ukuran keduanya akan kembali ke ukuran normal setelah Anda melahirkan.

STRETCHING

Produksi beberapa hormon pada wanita hamil meningkat, salah satunya adalah hormon relaksin. Peningkatan produksi hormon ini menyebabkan kepadatan tulang dan otot semakin berkurang sehingga Anda menjadi lebih lentur daripada sebelumnya. Kegunaan sebenarnya dari peningkatan produksi hormon relaksin saat kehamilan adalah membantu panggul menjadi lebih fleksibel pada saat proses persalinan.

DETECTING

Tahukah Anda mengapa pada saat hamil, tiba-tiba saja Anda merasa mual saat mencium bau? Ini dikarenakan saat hamil indera penciuman Anda menjadi lebih sensitif. Insting ibu ingin melindungi bayinya dari pengaruh negatif zat-zat yang mungkin berbahaya di sekitarnya.

GLOWING

Banyak yang mengatakan bahwa ibu hamil terlihat semakin cantik dan ini bukanlah mitos belaka. Kombinasi dari membesarnya pembuluh darah ibu, peningkatan jumlah volume darah ibu, dan juga peningkatan produksi dari kelenjar minyak pada tubuh ibu menyebabkan saat hamil, Anda menjadi tampak bercahaya dan berkilau. Inilah rahasia dari cantiknya ibu hamil.

CONSUMING

Pada saat hamil, Anda membutuhkan kurang lebih 200 kalori lebih banyak daripada sebelumnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi dalam tubuh Anda. Sehingga mungkin Anda akan sering merasa mudah lapar. Untuk memastikan penyerapan makanan terjadi dengan baik, maka selama masa kehamilan sistem pencernaan Anda bekerja dengan lebih lambat.

BEAUTIFYING

Apakah Anda merasa memiliki rambut yang tebal dan berkilau saat hamil? Ini akibat dari meningkatnya hormon estrogen dalam tubuh Anda. Faktanya selama masa kehamilan, Anda akan menemukan jumlah rambut yang rontok akan semakin berkurang.

PROTECTING

Selama kurang lebih 40 minggu, rahim akan terisi dengan kurang lebih 1 liter air ketuban. Pada suhu 37.5°C, kondisi di dalam kantung ketuban ini lebih hangat dibandingkan dengan suhu tubuh Anda. Cairan ini akan terus berganti dan berfungsi untuk menjaga bayi Anda dari benturan. (Terbit di Buletin Sayang Ibu Edisi 03 – November 2017)

 

Penulis            : Conny Widya

Editor  : Mika K.