Melihat bayi Anda aktif menyusu tentu jadi hal yang membahagiakan bagi Anda para Ibu, malah saking aktifnya menyusu tidak jarang setelahnya ia akan bersendawa. Sama seperti orang dewasa, bayi pun bisa mengeluarkan sendawa ketika kekenyangan dan kabar baiknya ternyata bersendawa setelah menyusu sangat baik untuk kesehatan bayi.

Sebagai seorang ibu, Anda patut mengetahui bahwa bayi perlu disendawakan setelah selesai menyusui dengan tujuan mengeluarkan udara yang masuk ke perut yang diakibatkan oleh perlekatan saat proses menyusui sekaligus mencegah bayi mengalami perut kembung. Di sisi lain, mengeluarkan sendawa juga akan membuat bayi lebih nyaman saat tidur. Sehingga bersyukurlah jika bayi Anda bersendawa setelah menyusu tanpa Anda perlu menyendawakannya. Namun, Anda juga perlu mengetahui langkah-langkah menyendawakan bayi untuk mencegahnya mengalami perut kembung.

Umumnya menyendawakan bayi dapat dilakukan dengan menepuk-nepuk lembut bagian punggung bayi sesaat setelah ia menyusu hingga bayi bersendawa. Lebih tepatnya ada beberapa posisi menyendawakan bayi yang bisa Anda coba di rumah seperti:

 

Posisi digendong

Anda bisa memosisikan kepala bayi bersandar pada bahu Anda seperti sedang digendong dan tepuk lembut punggung bayi sampai ia mengeluarkan suara / sendawa.

 

Posisi duduk

Posisikan bayi agar duduk di paha Anda, dan sambil menyangga tubuhnya Anda bisa menepuk punggungnya dengan lembut hingga ia bersendawa.

 

Posisi tengkurap

Pada posisi ini Anda bisa membaringkan bayi dengan posisi tengkurap di atas paha Anda dengan satu tangan menyangga bagian tubuhnya dan satu tangan yang lain menepuk punggungnya secara lembut.

 

Begitu mudah cara menyendawakan bayi yang bisa Anda lakukan di rumah. Jadi, setelah ini tidak perlu khawatir jika bayi Anda belum bersendawa setelah menyusu, Anda bisa memilih posisi-posisi di atas yang menurut Anda nyaman untuk dilakukan. Selamat mempraktekannya. (Mika K.)