Masa-masa menyusui adalah masa yang membahagiakan karena intensitas interaksi ibu dan bayi dapat terjadi lebih intim. Namun, masa-masa ini bisa saja membuat ibu menjadi gemas sendiri tatkala mendapati asi rembes atau keluar secara berlebih saat sedang tidak menyusui.

Jika Anda mengalami hal ini tentu akan membuat Anda dilema. Di satu sisi hal ini mesti disyukuri karena ini tanda bahwa asi yang Anda produksi lancar. Banyak orang menyebutnya sebagai let down reflex atau asi yang keluar secara spontan dan ini adalah normal dialami oleh semua ibu menyusui. Namun di sisi lain bisa saja membuat risih karena asi membasahi area payudara hingga tembus ke pakaian yang Anda kenakan apalagi jika ini terjadi saat Anda berada di tempat umum atau saat bertemu mitra kerja.

Menggunakan breast pump akan sangat bermanfaat untuk menampung rembesan asi saat sedang menyusui si kecil. Namun saat sedang tidak menyusui, Anda bisa menggunakan breast pad atau bantalan payudara. Penting untuk diketahui bahwa ada dua jenis breast pad yakni disposable yang hanya sekali pakai, dan washable yang bisa dipakai berulang. Anda bisa menyesuaikan memilih jenis breast pad ini karena keduanya memiliki kelemahan dan keuntungan.

Untuk yang disposable memang bisa digunakan dengan praktis namun bentuknya cenderung tipis, perekatannya pun bisa saja tidak maksimal yang kerap membuat breast pad terlipat dan tidak menutup puting dengan sempurna. Sedangkan untuk yang washable biasanya terbuat dari kain dan memiliki tekstur lembut. Breast pad ini bisa dicuci dan dipakai berulang, tapi Anda harus memastikan breast pad jenis ini sudah tercuci bersih dan kering sebelum menggunakannya kembali karena asi mengandung lemak yang jika menempel pada kain kadang cukup sulit dihilangkan. Maka saat mencuci breast pad perlu dipastikan apakah lemak dari asi sudah hilang dan tidak berbau.

Dari segi biaya, untuk Anda yang memilih jenis disposable sudah pasti harus memiliki stok mengingat breast pad ini hanya bisa sekali pakai saja. Sedangkan bagi yang memilih jenis washable relatif bisa membuat Anda lebih berhemat karena bisa dipakai berkali-kali apalagi breast pad ini bisa Anda buat di rumah dari busa tipis dan kain yang sudah dijahit.

Jadi bagaimana Bu, sudah menentukan pilihan ingin menggunakan breast pad dengan jenis disposable atau washable? (Mika K)