Menjadi seorang ibu hamil, tentu sangat menyenangkan. Apalagi kalau memang ini adalah sesuatu yang ditunggu-tunggu. Kondisi hamil tentu saja merubah bentuk tubuh seorang wanita, karena ada makhluk mungil yang terus berkembang di dalam rahimnya. Ini membuat mau tidak mau ibu hamil harus menyediakan beberapa pakaian baru yang nyaman digunakan untuk perubahan bentuk fisik ibu tersebut. Tidak semua jenis pakaian harus diganti saat ibu sedang hamil. Berikut ini adalah beberapa jenis pakaian yang sebaiknya Anda mulai siapkan seiring dengan perubahan tubuh Anda:

 

T-Shirt Longgar dan Kemeja Hamil Berwarna Putih

kemeja dan kaos ibu hamil

T-shirt yang cukup longgar sampai bisa digunakan sampai menjelang persalinan. Mungkin Ibu sudah mulai merasa kurang nyaman menggunakan atasan yang selama ini digunakan. Menggunakan T-shirt longgar mungkin akan lebih membantu Ibu untuk merasa lebih baik. Sekarang ini sudah sangat banyak tersedia pakaian yang bisa Ibu gunakan sampai masa menyusui nanti. Atau  Ibu bisa sementara meminjam T-shirt suami.

Pakaian formal yang bisa digunakan dalam berbagai acara adalah kemeja berwarna putih. Dengan memiliki pakaian ini, Ibu bisa menggunakannya untuk bekerja atau acara formal lainnya.

 

Jeans, Legging dan Celana Formal

celana ibu hamil

Ibu hamil juga dituntut untuk tetap tampil modis di jaman sekarang ini. Produk jeans dinilai sebagai produk yang nyaman dan cukup fashionable dipakai kapan saja serta mudah dipadupadankan dengan pakaian atasan yang beragam. Pakaian bawahan yang wajib Ibu miliki adalah legging berwarna hitam. Saat hamil, bagian tubuh Ibu akan mulai membesar terutama di bagian perut sehingga Ibu memang harus berpikir untuk mulai mengganti celana biasa Ibu dengan celana khusus ibu hamil agar lebih nyaman bagi ibu dan bayi di dalam rahim Ibu. Kenapa hitam? Hitam adalah warna netral, sehingga bisa Anda gunakan dalam waktu yang cukup lama dan mudah dipadupadankan dengan atasan yang berbeda. Legging juga bisa digunakan dengan nyaman saat Ibu berolahraga selama masa kehamilan. Selama masa kehamilan, Ibu mungkin harus pergi ke beberapa acara formal. Celana formal dibutuhkan untuk Ibu agar bisa menghadiri berbagai acara formal dengan nyaman.

 

Bra Menyusui

bra menyusui

Selain perut, bagian lain yang mengalami perubahan bentuk dan ukuran adalah payudara. Payudara berubah untuk mempersiapkan masa manyusui setelah persalinan. Apabila Ibu berniat untuk mengganti bra Anda saat masa kehamilan, sebaiknya langsung membeli bra untuk menyusui, sehingga Ibu bisa menggunakannya lebih lama.

 

Celana Dalam Hamil

Celana dalam adalah barang yang sangat personal bagi setiap orang. Untuk menjaga kenyamanan saat masa kehamilan, pilihlah celana dalam khusus untuk ibu hamil. Saat ini ada 2 jenis celana dalam yang bisa dipertimbangkan, yaitu celana dalam di atas perut atau di bawah perut. Pilihlah celana dalam dengan bahan katun yang nyaman bagi kulit Ibu. (Conny Widya)