Jika Anda mencari tahu informasi tentang home birth di internet, mungkin informasi yang Anda dapatkan adalah mengenai water birth atau metode melahirkan di kolam air. Meski banyak orang yang juga beranggapan demikian, penting untuk Anda ketahui bahwa water birth hanya sebagai salah satu opsi yang dilakukan jika Anda memilih home birth atau melahirkan di rumah. Anda bisa memilih melahirkan normal dengan cara biasa di tempat maupun sudut rumah yang membuat Anda merasa nyaman seperti di tempat tidur, sofa, lantai ruangan, bahkan bathtub kamar mandi.

Mengingat betapa banyaknya orang yang memperbincangkan home birth sebagai pilihan persalinan normal tidak lepas dari keuntungan yang didapatkan salah satunya adalah faktor kenyamanan. Dilansir dari situs Womantalk, bagi ibu yang memilih melahirkan di rumah merasa memiliki kebebasan untuk melakukan sesuatu seperti makan, mandi dan bergerak. Ditunjang pula dengan situasi tempat yang familiar serta dikelilingi orang-orang terdekat seperti suami dan saudara akan memberikan rasa aman dan nyaman. Di beberapa kesempatan, home birth juga dianggap dapat menekan biaya persalinan.

Seperti ibu-ibu lainnya, Anda pun dapat memilih metode home birth. Namun, penting pula untuk diketahui bahwa ada beberapa kondisi yang membuat Anda tidak dapat melakukan home birth yakni jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung, diabetes, atau penyakit kronis lain, mengalami gangguan kesehatan selama kehamilan, kelahiran bayi lebih dini atau terlambat dari tanggal seharusnya, atau sebelumnya pernah melakukan persalinan secara cesar. Bahkan jika Anda mengandung bayi kembar pun tidak diperkenankan melakukan home birth karena cukup berisiko. Maka dari itu sebelum memutuskan untuk melahirkan di rumah ada baiknya memahami betul kondisi Anda dan janin dengan berkonsultasi terlebih dahulu pada bidan maupun dokter kandungan.

Bagi ibu hamil yang dinyatakan sehat dengan kondisi kehamilan yang baik dan telah diijinkan melakukan persalinan di rumah wajib mencari bidan dan dokter yang berpengalaman, profesional dan bersertifikasi dalam menangani home birth. Tidak usah khawatir akan kebersihan persalinan di rumah, karena umumnya tim dari bidan dan dokter akan melakukan set-up terlebih dahulu pada sudut rumah yang dijadikan area bersalin, menyiapkan handuk , bantal dan semua peralatan medis yang dibutuhkan. Saat proses persalinan selesai, tim bidan dan dokter akan membereskan bekas atau ceceran persalinan yang ada. Bagaimana, tertarik untuk melakukan home birth? (Mika K.)