Setiap ibu yang sedang dalam masa menyusui tentu ingin produksi ASI yang melimpah agar nutrisi untuk bayi dapat terpenuhi. Namun, pada beberapa kesempatan bisa saja produksi ASI ibu menjadi menurun dan cenderung sedikit.

Ibu perlu tahu bahwa prinsip ASI adalah supply dan demand. Maka ketika ASI yang dikeluarkan sedikit akan berimbas juga pada produksi ASI tersebut. Ini berkaitan dengan pemberian susu formula pada bayi. Pemberian susu formula memang baik untuk membantu tumbuh kembangnya, namun ini juga berpengaruh pada bayi yakni bayi akan lebih sedikit mengonsumsi ASI karena sudah kenyang akan susu formula. Dengan demikian akan berimbas pula pada kuantitas produksi ASI ibu.

Sebagai penunjang kesehatan untuk si kecil, tidak ada salahnya memberikan susu formula padanya. Hanya saja Anda mesti tetap memprioritaskan ASI untuk si kecil jika ingin ASI yang Anda produksi melimpah. Jika selama ini Anda merasa lebih banyak memberi susu formula, atau kerap memberi ASI dan susu formula dengan takaran yang sama, ada baiknya kebiasaan ini diganti dengan fokus memberikan ASI secara optimal kemudian ditunjang susu formula secukupnya. (Mika K)