Apa yang para ibu rasakan ketika janin di dalam kandungan mereka mulai aktif menendang? Sudah pasti bahagia teramat sangat. Umumnya ketika sudah memasuki usia kehamilan trimester ketiga janin akan menunjukkan respon dalam bentuk tendangan, ini juga sebagai penanda bahwa ia tengah aktif di dalam perut ibu. Momen ini biasanya dipakai oleh para ibu untuk berinteraksi, seperti mengelus perut sambil mencoba berkomunikasi dengan janin mereka. Tendangan janin dianggap penting karena dijadikan indikator apakah janin dalam proses tumbuh kembang yang baik atau tidak.

Terbayang kan Bu, kalau seandainya janin dalam kandungan jarang bahkan tidak menendang sama sekali? Tentu ini akan membuat ibu khawatir serta memunculkan anggapan bahwa janin sedang tidak baik-baik saja. Tenang Bu, Anda bisa mengeceknya sendiri dengan cara sederhana. Mengecek tidak harus menghitung jumlah tendangan secara seksama, selama pergerakan bayi berupa tendangan tersebut dapat Anda rasakan setiap hari maka janin Anda baik-baik saja.

Namun, menghitung tetap diperlukan tatkala janin dirasa tidak menendang seaktif biasanya. Momen aktif janin menendang terjadi saat setelah ibu makan, maka saat tersebut bisa Anda perhatikan apakah janin menendang dengan aktif atau malah pasif.

Anda bisa duduk atau berbaring dengan nyaman kemudian menghitung gerakan-gerakan yang ditimbulkan janin di area perut. Dilansir dari laman Hai Bunda, 10 gerakan janin biasanya terjadi dalam waktu 10 -15 menit bahkan bisa sampai 2 jam. Jika waktu yang dibutuhkan lebih dari 2 jam sebaiknya segera konsultasikan pada dokter atau bidan agar denyut jantung bayi dapat diperiksa lebih lanjut.

Selamat menghitung Bu, semoga janin dalam kandungan selalu sehat dan dalam proses tumbuh kembang yang baik. (Mika K)