Hamil merupakan momen berharga yang penting untuk ibu nikmati. Namun terkadang momen berharga ini dapat terganggu oleh munculnya ketidaknyamanan yang dialami saat hamil. Salah satu ketidaknyamanan tersebut bisa saja berupa keluhan mual muntah yang diakibatkan oleh peningkatan hormon Human Chorionic Gonadotropin (HCG), estrogen dan progesteron dalam tubuh.

Tidak hanya mual muntah saja yang umum dialami oleh ibu hamil, keluhan-keluhan seperti mudah lelah, terengah-engah saat menaiki tangga, sakit punggung dan pinggang, hingga kaki bengkak pun bisa saja Anda alami selagi hamil. Hal tersebut wajar karena ketika hamil bobot tubuh bertambah mencapai kurang lebih 10 kg dan perut pun ikut membesar.

Meski merupakan suatu yang wajar, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan mengurangi keluhan tersebut salah satunya dengan melakukan prenatal yoga. Prenatal yoga merupakan olahraga yang disarankan untuk ibu hamil dan dapat dikatakan sebagai self help yang mampu membantu mengurangi ketidaknyamanan yang dirasakan oleh ibu saat menjalani masa-masa kehamilannya.

Gerakan-gerakan dalam prenatal yoga dimodifikasi dengan gerakan yoga klasik serta disesuaikan pula dengan kondisi fisik ibu hamil. Intensitas gerakannya pun lebih lembut dan perlahan. Jadi, sangat baik dan direkomendasikan bagi ibu hamil yang cepat merasa lelah namun tetap ingin berolahraga karena melalui olahraga kondisi kesehatan ibu dan janin akan tetap terjaga hingga momen persalinan tiba.

Umumnya untuk saat ini cukup banyak instansi/perseorangan yang memberikan pelatihan kelas prenatal yoga. Namun, ada baiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan bidan atau dokter kandungan Anda sebelum memutuskan mengikuti kelas prenatal yoga tersebut. (Raka Siwi)