Mungkin Anda pernah mendengar ketika bayi cegukan, ini menjadi pertanda bahwa bayi akan segera besar. Perihal cegukan ini memang tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, karena bayi pun dapat mengalami cegukan.

Anda perlu mengetahui bahwa cegukan pada dasarnya disebabkan oleh kontraksi diafragma. Cegukan pada bayi juga sesungguhnya normal dan tidak memiliki pengaruh atau efek buruk tertentu pada kesehatan bayi khususnya pada sistem pernapasannya. Namun kerap kali ini membuat orang tua khawatir, apalagi ketika bayi cegukan saat sedang tertidur.

Dilansir dari laman hellosehat.com terdapat beberapa kiat untuk mengatasi cegukan pada bayi yang ternyata mudah dilakukan.

Berikan ASI dan Biarkan Bayi Bersendawa

Menyusui ternyata dapat mengatasi cegukan pada bayi. Gerakan menyusui dapat membantu diafragma bayi menjadi lebih rileks dan cegukan pun dapat terhenti. Ketika bayi bersendawa setelah menyusui pun ternyata dapat menghentikan cegukan karena memberikan ruang bagi udara yang terjebak di dalam perut bayi.

Mengatur Posisi Bayi

Anda bisa memegang dan memposisikan bayi dalam kondisi tegak berdiri atau bisa dengan sambil menggendong, kemudian menepuk-nepuk punggung bayi secara lembut.

Beri Sesuatu Untuk Diisap

Memberikan dot atau empeng juga dapat dilakukan. Cara ini cukup bisa mengatasi cegukan pada bayi. Gerakan mulut dan tipuan sedotan di perut bayi dipercaya dapat merangsang sendawa dan menghentikan cegukan yang dialami.

Bawa Bayi ke Tempat yang Hangat

Cegukan bayi bisa disebabkan karena temperatur yang dingin, maka cegukan tersebut dapat pula diatasi dengan membawa bayi ke tempat atau area yang hangat dan lembab.

Cukup mudah kan tipsnya? Tips ini bisa diterapkan kapan pun tatkala bayi cegukan agar ia tetap nyaman dan Anda sebagai orang tua tak khawatir berkepanjangan. (Mika K.)