Kehamilan merupakan momen berharga yang tentunya tidak ingin dilewatkan dengan percuma oleh para ibu. Selain menikmati perasaan bahagia saat mengetahui bahwa diri tengah mengandung, penting untuk menambah wawasan seputar kehamilan agar masa mengandung dapat dijalani dengan baik. Ada banyak hal yang patut diketahui untuk dapat menjaga kondisi kehamilan agar baik-baik saja hingga momen persalinan tiba.

Apalagi jika ini adalah kehamilan pertama yang sekaligus merupakan pengalaman pertama dalam kehidupan Anda. Meskipun terdapat banyak hal yang bisa mempengaruhi kondisi kehamilan, namun faktor kesehatanlah yang menjadi penunjang utama para ibu agar dapat melalui masa kehamilannya dengan baik.

Mungkin Anda kerap mendengar bahwa ibu hamil sudah seharusnya menjaga kondisi kesehatannya. Namun, alangkah baiknya tidak hanya sekedar dijaga saja tetapi kesehatan saat hamil perlu ditingkatkan.  Meningkatkan kesehatan kehamilan sangat erat kaitannya dengan perkembangan janin di dalam tubuh. Ingat, selama beberapa bulan ke  depan ada kehidupan baru di dalam tubuh Anda diharuskan lebih sehat dari biasanya.

Pilih makanan sehat saat hamil

Jika umumnya Anda menjaga kesehatan dengan makan makanan 4 sehat 5 sempurna, saat hamil asupan untuk tubuh lebih kompleks. Penting untuk Anda memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil seperti protein, karbohidrat, kalsium, dan asam folat. Selain itu, asupan berbagai vitamin juga disarankan untuk dikonsumsi secara rutin. Memang hal tersebut bisa Anda dapatkan dari makanan serta minuman yang Anda konsumsi, namun ada beberapa langkah sederhana lainnya yang bisa Anda lakukan juga yakni dengan rutin sarapan.

Sarapan yang tepat dapat mencegah Anda mengalami morning sickness. Cobalah makan roti gandum, oatmeal, sereal, buah serta susu rendah lemak atau yoghurt saat bangun tidur di pagi hari. Ketahui pula olahraga apa yang cocok untuk Anda lakukan, karena tidak semua ibu mengalami kondisi kehamilan yang sama dengan kesehatan yang sama juga. Mengetahui olahraga yang tepat untuk dilakukan akan membantu meningkatkan stamina dalam tubuh dan mempersiapkan bayi lahir dengan sehat. Diskusikan hal ini dengan dokter kandungan.

Olah raga yang sesuai dapat menjaga kesehatan selama hamil

Di sisi lain kesehatan psikis juga harus diperhatikan, hindari diri dari stress, karena stress saat masa kehamilan tidak hanya mengganggu kesehatan Anda sebagai seorang ibu tetapi juga kesehatan janin. Komunikasikan dengan pasangan hal-hal terkait pekerjaan dan urusan rumah tangga yang bisa menjadi pemicu stress agar dapat dicegah maupun ditanggulangi dengan baik.

Itulah beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan saat hamil. Ingat, kesehatan ibu menjadi faktor utama agar kondisi kehamilan tetap baik hingga persalinan tiba. Tingkatkan kesehatan Anda agar bayi lahir dengan selamat karena bayi yang sehat diawali dari ibu yang sehat juga. (Mika K)